Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Bantuan Roh Kudus dalam Berdoa

(Ilustrasi Khotbah Kristen)

Roh Kudus membantu berdoa
"Image by Pexels from Pixabay"
 

“Ilustrasi khotbah kristen tentang doa”

------------------------------

 

 

Firman Tuhan mengajarkan kepada setiap orang percaya untuk tekun berdoa.  Dikatakan “Tetaplah berdoa”. 

 

Namun di dalam kenyataannya, tidak sedikit orang kristen yang merasa kesulitan untuk tetap tekun berdoa, dengan berbagai alasan yang bagi mereka melemahkan.

 

 

Kedisiplinan kita dapat menjadi kelemahan untuk kita tekun berdoa.  Sedang merasa kelelahan, baik secara fisik maupun emosi, dapat menjadi kelemahan kita untuk tetap berdoa.

 

Atau kita memang sekedar malas saja untuk berdoa.  Itupun menjadi kelemahan kita.

 

 

Namun, tidak ada firman Tuhan yang IA perintahkan kepada kita adalah hal yang terlalu mustahil untuk kita lakukan.

 

Tuhan selalu memberikan kita  pertolongan untuk memampukan kita mematuhi perintah-perintah-Nya.  Termasuk perintah untuk tekun berdoa.

 

 

Roma 8:26

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

 

 

Roh Kudus dikatakan membantu kita belajar berdoa, mengarahkan kita apa dan bagaimana berdoa, dan  BAHKAN juga berdoa untuk kita

 


Gambarannya adalah seperti ini: spotting (Fitness)


 

Spotting dalam aktivitas fitnes berarti tindakan mendukung orang lain selama latihan tertentu dengan tujuan untuk membantu, mengawasi, atau mendorong latihan yang lebih dari yang biasanya agar tetap dengan cara yang aman.  Tanpa bahaya cedera.

 

Orang yang membantu mengawasi disebut sebagai Spotter.


 

Secara psikologis, bersama seorang yang menjadi spotter, teman fitness akan merasa aman jika di akhir latihan mereka kehabisan tenaga. Dan dengan begitu, mereka bisa memaksimalkan angkatan bebannya.

 

Namun perlu diingat bahwa fungsi spotter di sini BUKANLAH UNTUK MEMBANTU PARTNER (teman) FITNESS MENGANGKAT BEBANNYA, namun hanya memegang sedikit beban dan bersiap membantu ketika dibutuhkan.

 

Yang angkat beban tetap haruslah yang sedang latihan! 


Fungsi spotter hanya untuk mengawasi jika di repetisi akhir ternyata tidak sanggup lagi mengangkat beban.  Merupakan sebagai sebuah tindakan preventif (pencegahan).

 

Namun seringkali kesalahan yang terjadi adalah malah spotternya “membantu” terlalu banyak, sehingga yang latihan malah santai-santai, tidak keluar tenaga terlalu banyak.


 

 

Mengambil gambaran tersebut, Roh Kudus adalah seperti “spotter” kita dalam berdoa.

 

Dia membantu untuk mengajar kita berdoa, mengarahkan kita, mengawasi kita, mengingatkan kita, dan tentu bersiap mengambil alih ketika kita kehabisan tenaga.

 

Dengan bantuan Roh Kudus dalam aktivitas kita berdoa, jangan sampai kita menjadi malah semakin malas karena dibantu, melainkan harus lebih semangat, merasakan aman, dan terpacu untuk lebih tekun.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]